Perintah - perintah Dasar pada
bahasa pemrograman pascal sebagai berikut :
- Writeln
Writeln digunakan untuk manmpilkan
informasi ke layar. Writeln juga dapat menerima argumen bertipe data dasar
(real, integer) dan bahkan string. Contoh :
Writeln(5.5);
{tipe data real}
Writeln(67);
{tipe data integer}
Wrriteln(false);
{tipe data boolean}
Writeln(‘K’);
{tipe data Char}
Writeln(‘Saya
belajar pascal’) {tipe data string}
- Write
Fungsi dari perintah write sama dengan
perintah writeln, perbedaan perintah write dan writeln adalah letak kursor
setelah text ditampilkan ke layar atau penambahan LF (linefeed) dan CR (Carriage
Return). Jika menggunakan perintah write, setelah text tampil dilayar maka
kursor akan terletak dikanan text. Tetapi, perintah writeln akan meletakkan
kursor dibawah text yang ditampilkan.
Contoh :
Program
Contoh_Write;
Uses Crt;
Begin
Clrscr;
Write (‘SURAKARTA’);
Readln;
End.
Jalankan dan apa yang
terjadi?
Program
Contoh_Writeln;
Uses Crt;
Begin
Clrscr;
Writeln (‘SURAKARTA’);
Readln;
End.
Jalankan dan apa yang terjadi?
Kedua program diatas menghasilkan dua
tampilan yang berbeda yaitu :
SURAKARTA _
Dan
SURAKARTA
_
Kemudian buat program dibawah ini dan
apa hasilnya : ???
Program
Contoh_1;
Uses Crt;
Begin
Clrscr;
Write (‘Pergi ke Makasar Naik Kapal’);
Writeln (‘Hati-hati jangan terjepit’);
Write (‘Ayo Belajar Bahasa Pascal’);
Writeln (‘Kata Upik Tidaklah Sulit’);
Readln;
End.
- Format write atau writeln
Turbo
pascal menyediakan cara yang mudah untuk menformat tampilan bilangan pada layar
sesuai dengan notasi yang kita pakai sehari-hari. Hal ini sangat penting untuk
memperjelas hasil kelaran dari suatu progra,m, apalagi jika bilang bertipe data
real. Untuk bilang tipe data integer dapat kita tulis dengan format :
Writeln(data:lebar_data);
Dengan
menggunakan format ini maka barisan data yang ingin kita tampilkan akan
ditampilkan dengan rata kanan. Contoh :
Writeln
(12356:8);
Writeln
(12:8);
Writeln
(1235:8);
Hasilnya :
12356
12
1235
Pengaturan yang sama
juga dapat kita lakukan untuk tipe data real. Untuk tipe data real dapat kita
format dengan perintah beikut :
Writeln(data:lebar_data:lebar_desimal);
Contoh :
Writeln(1253.53:5:2);
Contoh :
1253.53
- GotoXY
Fungsi perintah ini adalah untuk
menempatkan kursor pada koordinat tertentu. Sintaks :GotoXY(kolom,baris)
Contoh :
Program
Contoh_2;
Uses Crt;
begin
Clrscr;
gotoXY(10,10);
writeln(‘I
LOVE YOU’);
end.
- Readln
Fungsi ini berarti meminta input nilai
dari keyboard dan berfungsi untuk menghentikan proses eksekusi program selama
belum ada penekanan tombol ENTER.
Contoh :
Program
Contoh_3;
Uses Crt;
Var
nama:string[25];
begin
Clrscr;
gotoXY(25,10);
Write('Masukkan
Nama Anda :');
readln(nama);
{menerima input dari user}
gotoXY(15,15);
Write('Saudara','
',nama,' ','Anda Memasuki Dunia Tanpa Batas');
GotoXY(15,17);
Write('Anda
Sudah Siap ???');
readln;
{berhenti sebentar sampai tekan ENTER}
end.
- TextColor
Fungsi perintah ini adalah untuk
memberi warna pada text.
Sintak: TextColor(Red); atau
TextColor(4);
Program
Contoh_4;
Uses Crt;
Var
nama:string[25];
begin
Clrscr;
gotoXY(25,10);
textcolor(3);
Write('Masukkan
Nama Anda :');readln(nama);
gotoXY(15,15);
textcolor(12);
Write('Saudara','
',nama,' ','Anda Memasuki Dunia Tanpa Batas');
GotoXY(15,17);
textcolor(13);
Write('Anda
Sudah Siap ???');
readln;
end.
Tabel 3.3 Kode Warna
TextColor
Kode
|
Warna
|
Kode
|
Warna
|
0
|
Black
|
8
|
Darkgray
|
1
|
Blue
|
9
|
LightBlue
|
2
|
Green
|
10
|
LightGreen
|
3
|
Cyan
|
11
|
LightCyan
|
4
|
Red
|
12
|
LightRed
|
5
|
Magenta
|
13
|
LightMagenta
|
6
|
Brown
|
14
|
Yellow
|
7
|
Lightgray
|
15
|
White
|
- TextBackground
Fungsi perintah ini adalah untuk
memberi warna latar belakang dari suatu tulisan.
Contoh :
Program
Contoh_5;
Uses Crt;
Var
nama:string[25];
begin
Clrscr;
gotoXY(25,10);
textcolor(13);textbackground(1);
Write('Masukkan
Nama Anda :');readln(nama);
gotoXY(15,15);
textcolor(12);textbackground(3);
Write('Saudara','
',nama,' ','Anda Memasuki Dunia Tanpa Batas');
GotoXY(15,17);
textcolor(14);
textbackground(2);
Write('Anda
Sudah Siap ???');
readln;
end.
Tabel 3.4 Kode Warna
TextBackGround
Kode
|
Warna
|
0
|
Black
|
1
|
Blue
|
2
|
Green
|
3
|
Cyan
|
4
|
Red
|
5
|
Magenta
|
6
|
Brown
|
7
|
lightgray
|
- DelLine
Digunakan untuk menghapus satu baris
pada layar pada posisi kursor.
- InsLine
Digunakan untuk menyisipkan satu baris
kosong pada posisi kursor.
- Readkey
Digunakan untuk membaca sebuah karakter
yang diketikkan, bisa juga menghentikan sementara sampai tekan sembarang
karakter.
- KeyPressed
Bertujuan untuk memeriksa apakah telah
dilakukan penekanan terhadap tombol tertentu.
- Sound
Bertujuan untuk membuat Suara
Contoh :
Program Contoh_Suara;
Uses Crt;
Var
j :integer;
begin
Clrscr;
gotoXY(25,10);
textcolor(14);
Write('Anda
Sudah Siap ???');
j:=10;
textAttr:=7;
textcolor(14);gotoxy(15,20);
Write('Tekan
Sembarang Tombol untuk keluar....');
while
not keypressed do
begin
sound(j*10);sound(j+10*10);
sound(j+20*10);delay(30);
j:=j+10;
if
j>=300 then j:=10;
end;
NoSound;
readln;
end.
Komentar
Program yang kita
buat, bukan hanya dibaca oleh komputer melainkan bisa juga dibaca oleh orang
lain. Karena itu, kejelasan program menjadi satu hal yang penting agar program
bapat dimengerti oleh orang lain atau pemrogram itu sendiri. Kejelasan
program akan menolong anda jika suatu saat anda lupa apa maksud program yang
telah anda buat. Untuk memberikan kejelasan program yang anda buat, anda dapat
menambahkan komentar atau keterangan.
Komentar adalah suatu
tulisan pada program yang tidak berarti apa-apa pada komputer tetapi sangat
berguna bagi orang karena berfungsi sebagai dokumentasi. Komentar dalam pascal
biasa diletakan diantara kurung kurawal {komentar} atau dengan tanda
(*Komentar*).
Contoh :
{------------
Menulis Program Pascal ------------}
{Program
ini adalah contoh program pascal sederhana}
{Oleh
: }wong pacitan
{NIM
: 080101001}
{Nama
: wong pacitan
Semoga
Bermanfaat
No comments:
Post a Comment